CONTOH RESENSI

Judul Buku : IPA 5 Salingtemas
Penulis Buku : Choiril Azmiyawati
Wigati Hadi Omegawati
Rohana Kusumawati
Seiring pergantian waktu, bertambah pula usiamu. Tentu semakin bertambah pula tugas-tugas dirumahmu. Misalnya membantu pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel ataupun memasak. Apakah kamu merasa berat menggerjakan tugas-tugas tersebut? Jangan dianggap berat, karena tugasmu itu dapat diperingan dengan belajar IPA.
Dengan belajar IPA segala permasalahan dapat dipecahkan. Dengan IPA segala tugas dapat diperingan. Apa buktinya? Coba buka buku ini tentang Bab Pesawat Sederhana,ini baru satu contoh. Gunakan buku IPA yang memuat aplikasi materi IPA dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu memilih buku IPA Salingtemas ini maka kamu tidak salah pilih. Hal ini karena dalam buku IPA ini memuat konsep IPA juga memuat kegiatan yang membantu memahamkan konsep tersebut. Selain itu buku ini juga memuat contoh-contoh penerapan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Selamat menggunakkan buku ini. Semoga sukses.
Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Tahun terbit : 2008
Tebal : VI + 186
No. ISBN : 979-462-902-2
Dengan belajar IPA segala permasalahan dapat dipecahkan. Dengan IPA segala tugas dapat diperingan. Hal ini karena dalam buku IPA ini memuat konsep IPA juga memuat kegiatan yang membantu memahamkan konsep tersebut.
Dari total 186 halaman yang berisi 25 bab ini terdapat banyak materi yang menyangkut hampir semua aspek kehidupan. Pendidikan atau latihan hanya bersifat menambah pengetahuan. Akan tetapi, dalam buku ini terdapat tugas-tugas yang selain menambah wawasan juga mengasah kreatifitas. Dalam buku ini tidak hanya terdapat konsep, tetapi juga contoh, gambar dan kegiatannya.

Berangkat dari pentingnya sebuah konsep, maka dapat ditarik satu kesimpulan. Bahwa titk berat IPA adalah contoh dan kegiatannya. Tanpa hal tersebut, mayoritas pelajar, tidak hanya kelas 5 SD saja tetapi juga tingkat yang di atasnya maupun tingkat yang berada di bawahnyabelum tentu paham terhadap konsep tersebut. Untuk itu dituntut sebuah pemahaman terhadap hal tersebut. Seorang pelajar pasti mempunyai daya serap yang tinggi terhadap segala unsur kehidupan, karena dalam unsur kehidupan itu terdapat sebuah realita yang mereka sendiri alami dan lakukan.
Maka daripada itu rasanya wajar apabila pengarang memberikan banyak tugas yang menyangkut aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada dasarnya para pelajar tidak pernah mencapai tanda titik dalam proses belajar.mereka selalu berada pada proses mencari, belajar, berkreatifitas, dan terus berkembang. Di dalam pencarian, pembelajaran, berkretifitas dan perkembangan itu , konsep atau teori bukan lagi sekedar konsep atau teori lagi dalam arti formal. Karena setiap waktunya muncul banyak penemuan dan pengetahuan baru, maka sebuah teori dapat menciptakan teori baru dan berkembang menjadi teori baru lagi, begitu seterusnya.
Pengarang buku ini tidak hanya pandai menyampaikan dan menjelaskan konsep tetapi juga pandai dalam memaparkan contoh-contoh penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari serta ditampilkan pula gambar-gambar sehingga para pembaca menjadi semakin tahu, semakin mengerti dan semakin memahaminya. Para pembaca tidak hanya berdiam diri, akan tetapi juga diajak berkreatifitas dan menemukan hal-hal yang baru. Sehingga hal tersebut dapat mengasah kreatifitas dan pikiran para pembacanya.
Kendati buku ini mengundang pujian dari banyak pihak, ada beberapa catatan penting yang seharusnya diperbaiki, aspek dasar yang digunakan untuk menarik minat pembaca terkadang kurang diperhatikan. Banyak buku terperosok ke dalam cacat yang sama, yakni tampilan buku. Sampul buku ini kurang menarik dan kurang mencakup semua materi yang terdapat dalam buku ini, sehingga kurang mendapat perhatian orang yang melihatnya, terlebih lagi para pelajar setingkat SD kelas 5 yang mayoritas menyukai buku yang berwarna dan bergambar menarik.
Setidaknya buku ini dapat dijadikan sebagai pedoman praktis para pelajar kelas 5 Sekolah Dasar, dan setidaknya belajar dapat dianggap sebagai hal yang menyenangkan bagi para pelajar karena di dalamnya terdapat gambar-gambar yang juga semakin memperjelas konsep, dari mulai bab pertama yaitu Alat Pernapasan hingga bab terakhir yaitu bab 25 yang berisi mengenai Dampak Kegiatan Manusia Terhadap Permukaan Bumi . Hanya saja ada hal yang sedikit mengganggu , yaitu tampilan buku itu sendiri yang kelihatannya belum digarap secara baik terbukti sampul buku yang dicetak kurang mencakup materi-materi yang dalam buku ini dan warna buku ini pun kurang mencuri perhatian orang yang melihatnya.
Terlepas dari hal tersebut, secara keseluruhan saya rasa buku ini memang perlu dibaca dan dipelajari oleh pelajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam. Karena setelah membaca buku ini, kita akan tahu banyak aspek-aspek kehidupan yang sebelumnya kita tidak tahu dan semuanya dikemas secara sederhana, tidak rumit dan menarik. Segera dapatkan bukunya dan bacalah isinya, pasti tertarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s